Posted by : Unknown Senin, 04 November 2013


MEMBUAT REFERENSI

Membuat footnote atau Endnote

Footnote atau Endnote merupakan catatan kaki yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada sebuah kata yang ada dalam dokumen.

Footnoteà ditandai dengan angka 1

Endnote ditandai dengan angka i

Membuat Footnote

               Posisikan kursor pada teks yang hendak di tambah footnote.

               Buka tab References

               Pada bagian footnote klik Insert Footnote

               Dibawah dokumen akan muncul angka 1 yg menunjukan nomor catatan.

               Tulis catatan dikolom yg tersedia

               Jika sudah klik bagian luar Footnote

               Letakkan pointer mouse pada teks untuk melihat catatan footnote.

 

Membuat Endnote

               Posisikan kursor pada teks yang hendak di tambah footnote.

               Buka tab References

               Pada bagian footnotes klik Insert Endnote.

               Pada bagian akhir dokumen akan muncul kolom Endnote dan terlihat huruf i.

               Tulis catatan dikolom yg tersedia

               Jika sudah klik bagian luar Endnote

               Letakkan pointer mouse pada teks untuk melihat catatan Endnote.

 

 

 

Mengatur Format Footnote / Endnote

               Buka tab References

               pada bagian Footnotes klik panah bawah footnote & Endnote

               muncul kotak dialog Footnote and Endnote

               Pada bagian location aktifkan opsi Fotnote atau Endnote, pilih salah satu opsi yang ada untuk menentukan dimana letak catatan akan ditempatkan.

               Pada bagian Formatàtentukan no yang akan digunakan.

               Pada bagian start attentukan no yg akan digunakan sebagai no awal.

               Pada bagian Numberingpilih salah satu opsi untuk menentukan penomoran.

               Lalu klik -Applay

 

Membuat Daftar Tabel

               Seleksi terlebih dahulu teks yang akan dijadikan sebagai heading yang akan ditampilkan dalam daftar tabel.

               Lalu klik tab Home

               Pada bagian styles pilih salah satu opsi style yang ada, misalnya heading 1.

               Maka format teks yang sudak dipilih tadi akan berubah sesuai style yg dipilih.

               Jika sudah letakkan kursor ditempat yg diinginkan untuk membuat daftar tabel.

               Lali klikàReferences.

               Klik Table of Contents pada bagian Table of content.

               Pilih salah satu jenis daftar opsi table yh diinginkan.

               Setelah itu dalam dokumen akan muncul daftar Table sesuai jenis yg dipilih.

               Dengan menekan Ctrl+Click pada heading yang ada didalam tabel, maka kita akan dibawa menuju halaman heading tersebut.

Membuat Kutipan

               Letakkan kursor ditempat yg akan ditambahkan kutipan

               Lalu klik Tab References

               Pilih salah satu opsi gaya penulisan yg ada di kotak kombo style

               Klik ikon insert Citation lalu pilih Add New Source

               Akan muncul kotak dialog Create Source

               Pada bagian Type Of Source pilih jenis sumber yg akan digunakan.

               Selanjutnya lengkapi informasi2 pd bagian2 yg tersedia.

               Klik ok maka didalam dokumen akan muncul kutipan yg kita buat

 

Bekerja dengan Mail Merge

Fasilitas Mail Merge pada Microsoft Office sering digunakan untuk membuat Surat-surat missal,
seperti:
1. Surat undangan
2. Surat keputusan
3. Pemberitahuan
4. Label undangan
5. Surat peringatan
6. Sertifikat
7. Kartu nama
8. Kokarde dan lain-lain

Membuat Mail Merge

               Buka Tab Mailings

               Klik start Mail merge lalu pilih opsi Step By Step mail Merge Wizard.

               Disisi kanan dokumen akan muncul panel Mail Merge. Pada bagiab Select Dokument Tupe pilih opsi Letters untuk Membuat Dokument suratàklik Next: Starting Document.

               Pilihklah salah satu opsi yang ada yaitu:

              a. Use the current document

              b. Start from a template

              c. Start from existing documentà lalu klik Next: Select           receipients.

5. Pada bagian select receipients pilih salah satu opsi penerima

6. Pilih Type a New List lali klik Create

7.Pada kotak dialog New Address list yang terdiri dari beberapa kolom field seperti Title, First Name, Last Name, Company Name dll

8. Aturlah / ubahlah kolom field tersebut sesuai keinginan dengan cara  àklik Customize Columns

9. Pada kotak dialog Customize Address List terdapat beberapa tombol:

            a. Add

            b. Delete

            c. Rename

            d. Move Up

            e. Move Down

10. Atur kolom field sesuai kebutuhan lali à klik Ok

11.Kita akan kembali ke kotak Dialog New Address Listisilah kolom2 tersebut dengan data-data informasi sesuai keinginan . Jika ingin menambah data penerima klik New Entry. Jika data sudah cukup klik OK

12.Pada kotak dialog Save Address List tentukan tmpat menyimpan klik save

13. Setelah itu muncul tampilan Mail Merge Recipients. Pilih nama2 penerima dokumentàok

14. Selanjutnya klik Next: Write Your letter

15. Pada tampilan berikutnya klik Next: Preview Your letters.

16. Kemudian pilihlah Next: Complete the merge untuk mengakhiri proses pembuatan Mial merge.

17. Muncul tampilan Complete the mergeklik print jika ingin mencetak surat.klik Edit individual letter jika ingin ingin mengubah surat.

Mengedit Daftar Data-Data penerima

               Pilih Tab Mailings.

               Klik ikon Edit Recipients List

               Pada kotak dialog Mail Merge Recipients klik nama File yg ada pada data source lali àklik Edit

               Pada kotak dialog edit Data Source, lakukan perubahan terhadap data2 laluklik OK pilih tombol yes pada pesan pemberitahuan.

               Tampilan mail merge Recipients datanya sudsah sesuai dengan keinginan.

 

Mencetak Mail Merge

               Klik ikon Finish & Merge pada bagian Finish di dalam tab Mailings.

               Lalu klik opsi Print Documents.

               Pada kotak dialog Merge to print. Pilih salah satu opsi yang adaàklik Ok

               Muncul kotak dialog print, lakukan pengaturan terhadap para meter atau opsi2 yg adaklik OK.

 

SEKIAN DAN TERIMA KASIH


 

Contact Me in here

Wanti Kemuning Pratama - Copyright © Share Somethings - Robotic Notes - Powered by Blogger -