Posted by :
Unknown
Rabu, 26 Februari 2014
Masih berkaitan dengan
Teknologi Pengantar Informasi, kali ini penulis akan membahas tentang Teknologi
Perangkat Keras Komputer (Hardware). So, Selamat membaca ...
1. Pendahuluan
Komputer
adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat keras (hardware)
dan perangkat lunak (software) yang memiliki kemampuan atau digunakan
untuk membantu tugas manusia dengan cara menerima dan mengolah data yang
dimasukkan menjadi informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian
hasilnya ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
1.1 Perangkat Masukan
Perangkat
masukan (input devices) digunakan untuk pemasukan data yang akan
diproses. Beberapa Perangkat masukan yang umum digunakan pada suatu komputer
adalah keyboard, mouse, joystick, touch screen, voice recognition, dan
lain-lain.
Gambar 1. Perangkat
masukan
1.2 Perangkat Pemroses
Perangkat
pemroses (processing devices) digunakan untuk memproses data yang telah
dimasukkan melalu perangkat masukan. Perangkat ini juga digunakan untuk
menerima masukan serta meneruskan hasil pemrosesan data tersebut ke perangkat
keluaran. Pada dasarnya, bagian inilah yang disebut sebagai "otak"
komputer. Perangkat ini dikerjakan oleh perangkat yang disebut sebagai
"microprocessor atau sering disebut processor". Pasar
komputer saat ini masih didominasi oleh prosesor yang dikeluarkan oleh Intel
Corp. Saat ini, prosesor yang kebanyakan beredar di pasaran adalah Pentium IV.
Intel PentiumD (exterior) AMD Athlon X2
Gambar 2. Prosesor
1.3. Perangkat Keluaran
Perangkat
keluaran (output devices) digunakan untuk menampilkan hasil pemrosesan
yang dikerjakan oleh processor. Hasil tersebut bisa ditampilkan dalam bentuk
tercetak (hard copy). Beberapa Perangkat yang masuk dalam kategori ini
adalah monitor, printer, plotter, dan lain-lain.
Gambar 3. Perangkat
keluaran
Perkembangan
teknologi perangkat keras ini berlangsung dengan sangat cepat, meskipun
demikian konsep dari komponen perangkat keras di atas akan tetap sama. Beberapa
perangkat keras tambahan bisa disebutkan disini antara lain media penyimpan (storage)
untuk menyimpan data yang akan diproses oleh processor.
2. Perangkat Masukan
Input
data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan diproses oleh CPU. Output
dihasilkan dengan tampilan pada layar monitor atau cetakan hasil pada printer,
atau dihasilkannya input untuk sistem yang lain.
2.1 Mouse
Mouse
adalah pointing device yang paling banyak digunakan. Mouse memiliki bola
yang berputar pada landasannya. Jika permukaan digeser, maka bola akan berputar
dan mengirimkan sinyal ke komputer untuk merubah posisi dari kursor.
Secara fisik, mouse
juga terbagi atas 4, yaitu :
Mouse
Serial.
Mouse
PS/2.
Mouse
Wireless.
Gambar 5. Mouse
2.2 Space Mouse
Space
mouse berbeda dari mouse normal karena mempunyai poros X, poros Y dan poros Z.
Space mouse dapat digunakan untuk pengembangan dan memindahkan lingkungan 3-D.
Gambar 6. Space mouse
2.3 Keyboard
Keyboard
adalah alat masukan yang pertama dikembangkan untuk PC. Layout keyboard standar
menyediakan 104 kunci diatur dalam empat kelompok, yaitu:
Kunci
alphanumerik (A-Z, 0-9).
Kunci
lokasi (home, end dan lain-lain).
Keypad numerik.
Fungsi kunci (F1-F12).
Secara fisik, keyboard
terbagi atas 4 bagian, yaitu :
Keyboard Serial.
Keyboard PS/2.
Keyboard
Wireless.
Keyboard USB.
Keyboard
berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi, yaitu:
CTRL Digunakan untuk mengerakkan kode control dan
kombinasinya dengan key yang lain.
ALT Digunakan untuk mengenerate fungsi Alt dan
kombinasinya dengan key yang lain.
SHIFT Mengubah karakter huruf kecil ke besar dan
sebaliknya, atau karakter yang terletak di atas tanda yang terlihal pada papan
keyboard.
NUMLOCK Enable atau disable
penggunaan tombol numeric keypad
NUMERIC KEY PAD Memungkinkan memasukkan data numerik, atau jika
tombol NUMLOCK off berfungsi sebagai
tombol pengarah.
FUNCTION KEYS F1 sampai F12 adalah tombol fungsi yang menyediakan
akses ke suatu shortcut tertentu misal F1 untuk HELP, F5 untuk REFRESH.
TAB Digunakan untuk memindah kursor ke kanan. Pada saat
entri data, tombol Tab dapat digunakan untuk memintah dari satu kota memasukkan
data ke kotak berikutnya.
ENTER Pada saat menggunakan text editor, dapat menggerakkan
baris baru. Atau digunakan untuk mengirim data ke komputer pada saat mode
memasukkan data.
CURSOR ARROW KEYS
Gambar 9. Dua bentuk
umum konektor keyboard yaitu PS/2 dan DIN
Terdiri dari layout
QWERTY standar dengan keypad numeric dan fungsi penambahan function keys untuk
control purposes.
2.4 Bar Code
Bar
code adalah suatu peralatan input yang dirancang untuk tujuan yang spesifik.
Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian
bar (garis). Garis- garis tersebut memiliki panjang dan ketebalan yang
bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh light-pen atau peralatan scanner.
Contoh : Aplikasi
Bar-Code.
Super-market.
Stock
inventory.
Sistem perpustakaan untuk katalog buku.
Penjelasan detail
tentang Bar-Code
Tiap
digit dibuat dari dua garis hitam dan putih yang berurutan.
Tiap
digit karakter dapat dipecah ke dalam tujuh elemen.
Digit
dikodekan secara berbeda tergantung right half atau left half dari
simbol bar code.
Semua
digit pada left half memiliki jumlah garis hitam ganjil dan dimulai
dengan garis putih.
Semua
digit pada right half memiliki jumlah garis hitam genap dan dimulai
dengan karakter hitam.
Memungkinkan scanning pada segala arah.
Dua
kode simbol (right half dan left half) dipisahkan oleh dua garis hitam.
Dua
garis hitam tersebut digunakan untuk menandai permulaan dan akhir dari simbol
bar code.
Universal
Product Code (UPC) berisi kode manufacturer dan kode produk.
Kinerja dari Bar Code
Tingkat kesalahan relatif rendah.
Bar
codes dapat discan dengan cepat dan mudah.
Cacat
garis pada bar code dapat menyebabkan suatu kesalahan.
Gambar 10a. Pembaca Bar
Code infra red Gambar 10b. Bar Code
Bar code adalah suatu pola yang mencetak perbedaan ketebalan garis. Sistem memberikan informasi ke dalam komputer dengan cepat dan bebas dari kesalahan (error-free).
2.5 Digitising Tablet
Digitising
Tablet adalah suatu alat penunjuk yang memudahkan untuk memasukkan pekerjaan
gambar dan perancangan yang akurat.
Gambar
11. Digitising tablet dengan pena
Gambar dapat ditempatkan secara langsung di atas tablet, dan pemakai mentraces outline atau memasukkan koordinat posisi dengan hand-held stylus.
2.6 Joystick
Pengguna
game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka
melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh
penggunaan keyboard dan mouse.
Jenis
joystick yang digunakan pada komputer juga amat banyak, termasuk dengan jenis
khusus yang digunakan untuk permainan balap mobil atau motor yang dilengkapi
dengan roda kemudi dan pedal.
2.7 Touch Screen
Touch
Screen atau layar sentuh memungkinkan Anda untuk menyentuhkan jari tangan pada
pilihan tombol, grafik atau label. Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana
suatu pilihan atau perintah akan di eksekusi. Touch screen digunakan secara
luas pada kios informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport, dan
departement store. Touch screen memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan
peralatan yang sangat kecil seperti jam casio dengan fasilitas layar sentuh dan
dengan komputer seorang pengguna bisa berinteraksi dengan hanya menyentuh layar
monitor.
Gambar 13. Monitor
touch sensitive
Ada
tiga bentuk touch screen: pressure-sensitive, capacitive surface dan
light beam.
2.8 Light Pen
Light
Pen adalah pointing device seperti pena dan dihubungkan ke VDU. Ujung light pen
berisi unsur cahaya yang peka (lightsensitive), ketika ditempatkan
terhadap layar, mendeteksi cahaya dari layar yang memungkinkan komputer untuk
mengidentifikasi penempatan pena tersebut pada layar.
Gambar 14. Light pen
Keuntungan
dari Light pen yaitu dapat 'menggambar' secara langsung pada layar, tetapi ini
bisa menjadi tidak menyenangkan, dan tidak seakurat seperti digitising tablets.
2.9 Magnetic Ink
Character Recognition (MICR)
Gambar 15. Detail Cek
dari nomor MICR
MICR
digunakan oleh bank untuk memproses cek. Detil Rekening pada dasarnya cek dapat
diteliti dan dibaca dengan cara ini, apabila MICR itu sendiri terhindar dari
kotoran.
2.10 Optical Mark Reader
(OMR)
Optical
Mark Reader (OMR) dapat membaca informasi dalam bentuk angka-angka atau huruf
dan memasukkannya ke dalam komputer.
Gambar 16. Contoh
kertas jawaban pilihan berganda
2.11 Scanner
Scanner
mengijinkan informasi seperti foto atau teks untuk dimasukkan ke dalam
komputer. Scanner pada umumnya berukuran A4 (flatbed), seperti
ditunjukkan di bawah, atau hand-held untuk menscan area yang jauh lebih
kecil.
Gambar 17. Scanner
Jika
teks di-scan, Anda akan menggunakan program Optical Character Recognition (OCR)
untuk mengenali teks yang dicetak dan kemudian mengkonversinya ke file teks
digital yang dapat diakses dengan menggunakan komputer. Secara umum, scanner terbagi
atas 2, yaitu flatbed scanner dan handled scanner.
2.12 Hand Scanner
Hand
scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan. Hanya dengan
menyentuhkan pada image yang akan discan. Meskipun resolusinya tidak setinggi
scanner yang lain, peralatan ini dapat digunakan di manapun, dan kapan saja.
Gambar 18. Hand
scanners
Misal
untuk men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek gambar seperti peta.
2.13 Magnetic Reader
Alat
masukan ini membaca potongan magnetis pada kartu. Handy untuk pertimbangan
keamanan, yang menyediakan identifikasi secara cepat pemilik kartu.
Gambar 19. Kartu Kredit
Metoda
ini digunakan untuk menjalankan poin-poin tunai bank atau untuk menyediakan
identifikasi orang-orang yang memasuki suatu bangunan.
2.14 Smart Card
Alat
masukan ini menyimpan data di dalam suatu mikroprosesor
yang ditempelkan pada
kartu. Ini mengijinkan informasi, dapat dibaharui, untuk disimpan pada kartu.
Metoda ini digunakan pada kartu toko untuk mengumpulkan poinpoin untuk pembeli, dan untuk menyimpan nomor telepon untuk telepon selular.
2.15 Biometric
Autentikasi
identitas seseorang dengan dengan pembuktian karakteristik pribadi. Sebagai
contoh: Fingerprint scanner menangkap kurva dan lekukan sidik jari.
Gambar 22. Fingerprint
scanner
2.16 Voice Data Entry
Sistem
ini menerima kata yang diucapkaan sebagai data masukan atau perintah. Contohnya
adalah pidato/ bicara seseorang yang sangat kompleks, yang menyertakan
penekanan dan ekspresi wajah.
Gambar 23. Microphone
yang digunakan untuk masukan data
Bagaimanapun
juga, perintah yang sederhana dari satu pengguna dapat digunakan untuk
mengendalikan mesin-mesin. Dengan cara ini seseorang dapat mengoperasikan suatu
kursi roda atau mengendalikan pemanas dan lampu.
2.17 Sound Capture
Dengan
penambahan kartu suara (sound card) pada salah satu dari slot expansi
dari komputer, Anda dapat " Merekam" suara atau musik.
Gambar 24. Sound card
Sound
card mendigitalkan informasi ke dalam format yang dapat dimengerti komputer.
2.18 Video Capture
Dengan
papan video capture pada salah satu dari slot expansi komputer Anda, maka Anda
dapat menangkap gambar video (fotografis) melalui suatu kamera video. Papan
video capture Video mendigitalkan image.
Gambar 25. Kartu Video
Capture
2.19 Kamera Digital
Kamera
Digital adalah kamera yang mengkonversi foto yang ditangkap secara langsung ke
dalam digital image dan menyimpannya secara lokal dalam kamera untuk kemudian
dapat dimasukkan ke komputer.
Gambar 26. Kamera
Digital
Image
yang didownload dari kamera digital dan ditransfer ke komputer berbentuk file
digital, dan dapat dikirim melalui e-mail atau fax. Jumlah gambar yang dapat
disimpan tergantung pada memori yang tersedia dan ukuran dari image.
2.20 Video Camera
Digital
video camera belum digunakan secara luas dikarenakan file video umumnya
berukuran sangat besar dan hanya beberapa menit gambar video yang bisa
disimpan. Peralatan ini dinamakan frame grabber karena dapat
menangkap image dari peralatan video seperti VCR atau kamera.
Gambar 27. PC Video
Camera
2.21 Video Conferencing
Dua
atau lebih orang-orang secara terpisah yang menggunakan jaringan Internet untuk
mengirimkan data audio dan video.
Gambar 28. Video
Conferencing
2.22 Automated Teller
Machine (ATM)
Gambar 29. Automated
Teller Machine (ATM)
3. Perangkat Keluaran
Komputer
memberikan informasi pada Anda dalam berbagai bentuk. Perangkat keluaran adalah
peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data/
perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
3.1 Monitor Atau VDU
Visual
Display Units (VDU) atau monitor digunakan untuk antarmuka secara visual dengan
komputer dan tampilannya seperti sebuah televisi.
Monitor
adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik
ke pengguna/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitor mempunyai ukuran
yang bervariasi, 14", 15", 17" dan lainnya. Semakin besar
ukurannya (dalam inci), maka semakin mahal, dan semakin luas gambar yang dapat
ditampilkan pada monitor.
Monitor
memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada
jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x
600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu
gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik).
Monitor
dengan resolusi screen yang lebih tinggi misalnya 1024x768 membutuhkan ukuran
monitor yang lebih lebar yaitu 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil
sekali gambarnya jika ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga
membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi misalnya 72Hz, untuk mencegah
tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering). Secara
umum, monitor terbagi atas :
3.1.1 Monitor CRT (Cathode
Rays Tube)
Merupakan
monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar katoda. Bentuk fisik
monitor ini sama dengan televisi namun secara umum hanya terdiri dari 4 blok,
yaitu video, vertikal, horisontal dan power supply.
Jenis monitor ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain adalah: Membutuhkan
daya yang besar, menghasilkan panas yang cukup tinggi, memiliki bentuk fisik
yang besar (walaupun ada juga yang memiliki dimensi yang kecil namun tetap
tidak praktis karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memiliki radiasi
yang besar (walaupun ada beberapa jenis yang menggunakan jenis tabung tertentu
yang mampu menyerap radiasi yang dihasilkan oleh tembakan CRT). Namun, secara
umum monitor ini memiliki harga yang cukup rendah sehingga tetap merupakan
peratalan standar dalam unit komputer.
Gambar 30. Monitor CRT
3.1.2 Monitor LCD
(Liquid Crystal Display)
Sistem
kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT. LCD menggunakan cairan
kristal khusus yang berpencar apabila dilalui oleh sinyal listrik sehingga
menghasilkan bentuk dan warna. Kelemahan LCD adalah harganya yang cukup mahal
dan komponen fisik yang ada amat rentan terhadap gangguan, namun LCD juga memiliki
beberapa kelebihan diantaranya adalah: hanya memerlukan daya yang rendah
(tegangan yang digunakan hanya 12 Volt), bentuk fisik yang kecil dan ramping
sehingga mudah ditempatkan serta tidak menghasilkan radiasi.
Gambar 31. Monitor LCD
3.2 Printer
3.2.1 Printer Impact
Printer
Impact menggunakan print head yang berisi sejumlah jarum
Gambar 32. Printer
Impact
Beberapa print head hanya mempunyai 9 pin untuk membuat titik (dots) untuk membangun suatu karakter, ada juga yang mempunyai 24 pin yang menghasilkan resolusi yang lebih baik. Salah satu contoh printer yang menggunakan 9 pin adalah Epson LX-300 dan 800, sedangkan yang menggunakan 24 pin adalah LQ (Letter Quality) 1170 dan 2180.
3.2.1.1 Printer Dot
Matrix
Kecepatannya
pada umumnya 30 - 550 karakter per detik (cps). Ini adalah yang termurah dan
paling ribut dari keluarga printer. Standar cetakan yang diperoleh kurang
bagus. Jenis ini disebut dengan “Dot Matrix” karena hasil cetakan
dibentuk oleh hentakan jarum pada pita yang membentuk karakter berupa
titik-titik yang beraturan. Oleh sebab itu, maka suara yang dihasilkan oleh
printer jenis ini jauh lebih besar dan kasar dibandingkan dengan jenis printer
lainnya. Kehalusan hasil cetakan ditentukan oleh banyaknya jarum yang digunakan.
Gambar 33. Printer Dot
Matrix Gambar 34. Cara Kerja Dot
Matriks
3.2.2 Printer
Non-Impact
Beberapa
perbedaan teknologi yang telah digunakan untuk menyediakan berbagai printer.
Ada beberapa jenis
printer non-impact, yaitu:
Printer Thermal.
Printer Ink Jet.
Printer Laser Jet.
3.2.2.1 Printer Thermal
Karakter
dibentuk oleh unsur-unsur yang dipanaskan yang ditempatkan dengan kertas yang
sensitif dengan panas khusus yang membentuk titik hitam ketika unsur-unsur
menjangkau temperatur kritis.
Gambar 35. Printer
Thermal
Printer thermal berkenaan dengan panas secara meluas dan menggunakan tenaga baterai seperti kalkulator.
3.2.2.2 Printer Ink Jet
Sesuai
dengan namanya, printer jenis ini mencetak dengan menggunakan semburan tinta
cair pada permukaan kertas, sehingga hasil cetakannya jauh lebih bagus, lebih
cepat dibandingkan dengan dot matrix. Printer ini juga mampu mencetak warna
dengan sempurna, bahkan beberapa jenis printer bahkan mampu mencetak dengan
kwalitas foto dan mampu mencetak pada permukaan selain kertas (plastik
dan kain). Printer inkjet yang terkenal saat ini adalah Canon
BubleJet dan HewlletPackard.
Gambar 36. Printer
Inkjet Gambar 37. Ink-jet
Printer Cartridges
3.2.2.3 Printer Laser
Jet
Printer
jenis ini memiliki kecepatan dan kwalitas cetakan yang jauh melampaui Dot
Matrix dan Inkjet. Prinsip kerja printer ini amat mirip dengan mesin photocopy,
yaitu dengan prinsip serbuk tinta dan elemen pemanas. Secara umum, printer ini
hanya mampu mencetak dengan dua warna (hitam dan putih), namun pada jenis
tertentu telah dilengkapi dengan tinta warna sehingga mampu mencetak dengan full
color.
Gambar 39. Laserjet
Printer Gambar 40. Toner
Printer Laser
Gambar 41. Enam langkah
cara kerja laser
3.3 Robot
Robot
bisa melaksanakan berbagai tugas sebagai hasil instruksi dari eksekusi yang
dimasukkan di dalam suatu program. Dan ini sering kita lihat pada film-film
barat yang telah menggunakan teknologi tinggi dan robot ini biasanya ditugaskan
untuk tugas-tugas khusus sebagai pengganti manusia.
Gambar 42. Robot
pembuat mobil
Robot dalam pengertian bisnis berarti mesin otomatis yang dirancang untuk melaksanakan operasi keduniaan yang memerlukan ketelitian, seperti mengumpulkan dan membuat mobil. Mereka jarang dibuat yang menyerupai bentuk manusia.
3.4 Machine Tool
Peralatan
Computer Aided Manufacturing (CAM) digunakan untuk pembuatan berbagai produk.
Fungsi yang berulang dan dikendalikan oleh sekumpulan instruksi komputer.
Alat-Alat
mesin otomatis yang ada di pabrik akan memberikan keuntungan dibanding manusia
seperti : ketelitian yang tinggi, dan mereka tidak memerlukan istirahat seperti
minum kopi.
3.5 Voice
Voice
synthesis mempunyai bunyi yang serasi dalam kaitannya dengan berbagai kesulitan
replikasi pidato/ percakapan manusia yang kompleksitas dan pengucapan
kata-kata.
Voice
Answer Back (VAB) digunakan untuk merespon terhadap permintaan telepon seperti
mengucapkan jam.
Aplikasi dibidang pendidikan meliputi "Berbicara dan Mengeja" dan melatih berhitung.
3.6 Plotter
Plotter
secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara
umum adalah ukurannya. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan
biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Plotter
juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan
menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet
dan bubuk tinta (Laser jet).
3.7 Speaker
Fungsi
speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem.
Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada
komputer dibuat se-efisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat.
Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka
pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang lebih.
Gambar 45. Speaker
Gambar 46. Data
Projector
Masih banyak lagi output Device yang sering digunakan pada komputer, utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer (misalnya pengontrol robot, dan lain-lain).
4. Kesimpulan
Komputer
adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan
perangkat lunak (software) yang memiliki kemampuan atau digunakan untuk
membantu tugas manusia dengan cara menerima dan mengolah data yang dimasukkan
menjadi informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian hasilnya
ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
Salah
satu definisi perangkat keras' menurut Kamus Webster's adalah item-item dari
peralatan utama atau komponennya yang digunakan untuk tujuan tertentu.
Perangkat
komputer dibagi atas : perangkat masukan (input devices) digunakan untuk
pemasukan data yang akan diproses. Beberapa perangkat masukan yang umum
digunakan pada suatu komputer adalah keyboard, mouse, joystick, touch screen,
voice recognition, dan lain-lain.
Segala
sesuatu yang Anda dapat lihat dan sentuh pada PC Anda adalah perangkat keras.
Daftar berikut Ini menyajikan suatu dasar satuan perangkat keras yang biasanya
ditemukan pada PC.
Perangkat keras
tersebut adalah :
Casing PC.
Motherboard.
Power
Supply.
Hard
Disk Drive (HDD).
Floppy Disk Drive (FDD).
Compact Disk Drive (CDD).
Digital Video Disk drive (DVD).
Monitors (CRT dan LCD).
Keyboard.
Mouse.
Audio.
Dan
lain-lain.
Masing-masing perangkat
ini sangat maju dan berkembang dengan sangat pesat.
Sekian
penjelasan tentang Teknologi Perangkat Keras Komputer, Terima kasih telah
berkunjung. Semoga bermanfaat ^^
Related Posts :
- Back to Home »
- Pengantar Teknologi Informasi »
- Teknologi Perangkat Keras Komputer
Posting Komentar